Home » Bisnis » Cara Memulai Bisnis Fotografi

Cara Memulai Bisnis Fotografi

Selain hobi, ternyata menjadi seorang fotografi juga bisa dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan tambahan. Berikut beberapa rahasia memulai bisnis fotografi/videografi tanpa modal yang patut dicoba!

Cara Memulai Bisnis Fotografi

Tips Mudah Memulai Bisnis Fotografi

Tips Mudah Memulai Bisnis Fotografi

  • Miliki Kemampuan Fotografi

Bila kamu ingin menjalani usaha di bidang fotografi, tentu anda harus menguasai tentang dunia tersebut. Dengan belajar, anda bisa terus mengasah kemampuan memotret gambar dengan posisi yang pas dengan hasil yang terbaik.

Semakin bagus dan berkualitas gambar yang dihasilkan, maka akan semakin mahal jasa yang berhak kamu dapatkan. Keahlian ini menjadi modal penting bagi siapapun yang ingin menjalani usaha di bidang fotografi.

  • Peralatan

Beberapa alat yang perlu anda miliki untuk menjadi Fotografi yaitu sebagai berikut:

  1. Kamera
  2. Lensa
  3. Flash eksternal
  4. Lampu studio
  5. Soft box
  6. Standar reflektor
  7. Payung reflektor
  8. Kabel sinkronisasi
  9. Trigger
  10. Tripod dan monopod
  • Rencanakan Beberapa Sesi Pemotretan Kecil dalam Kelompok

Aturlah waktu dan tempat lalu undang beberapa pasang klien anda. Dengan cara ini anda dapat menyatukan klien anda yang sedang mencari pilihan yang lebih murah.

Secara logistik, ini lebih sulit, namun dengan melakukan beberapa sesi pemotretan secara berturut-turut di tempat yang sama anda dapat mengurangi tenaga yang anda butuhkan.

  • Media Sosial

Media sosial memberikan peluang besar bagi Anda untuk terhubung dengan audiens klien, editor, rekan, dan penggemar potensial. Mulailah memperkenalkan identitas Anda pada platform media sosial yang tepat.

Anda tidak perlu menggunakan seluruh media social, pilihlah yang sesuai dengan dimana target pelanggan Anda berada. Saat ini contoh sosial media yang sedang ramai dimainkan masyarakat diseluruh dunia adalah instagram.

  • Strategi Promosi

Hal yang tak kalah penting setelah menentukan tempat usaha yaitu melakukan strategi promosi. Tawarkan jasa fotografi Anda kepada keluarga, saudara, teman-teman, kolega, dan sebagainya. Biasanya testimoni dari mulut ke mulut bisa mendatangkan pelanggan baru.

  • Kerjasama

Bekerja sama dengan industri lain dapat memberikan kalian peluang lebih banyak. Jika kamu dapat bekerja sebagai fotografer pernikahan, mengapa tidak berkolaborasi dengan EO pernikahan? Mereka dapat menghubungi anda ketika memperoleh klien, sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk memberikan penawaran langsung kepada klien.